Author Archives: dinkes

Visitasi Pemeringkatan Keterbukaan Informasi Badan Publik oleh Komisi Informasi Provinsi Jawa Tengah

Semarang-Berdasarkan penilaian  Kuesioner Penilaian Mandiri atau Self Assessment Questionnare (SAQ) melalui aplikasi E-monev, Komisi Informasi Provinsi Jawa Tengah menetapkan Badan Publik yang lolos tahap visitasi, salah satunya adalah Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah.  Kegiatan Visitasi ini merupakan penilaian tahap III dari IV tahapan rangkaian kegiatan pemeringkatan Badan Publik tahun 2022, yang meliputi pemeriksaan kelengkapan dokumen dalam SAQ sesuai aplikasi E-monev dan presentasi oleh tim PPID.

Dalam kegiatan yang diselenggarakan Hari Senin, 28 November 2022, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah selaku atasan PPID menerima visitasi dari Tim Visitasi Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2022.  Hasil Penilaian presentasi dan verifikasi PPID Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah mendapat nilai 100, dan mendapat kesempatan ke Tahapan uji publik.

Dengan adanya Monitoring dan Evaluasi Keterbukaan Informasi ini diharapakan Badan Publik semakin terbuka dan transparan sesuai amanah Undang-undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang ”Keterbukaan Informasi Publik”.

 

 

 

Koordinas Lintas Sektor dan Lintas Program serta Rakor Komisi Penanggulangan AIDS se Jawa Tengah

Semarang – Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah dan Komisi Penanggulangan AIDS (KPAP) Provinsi Jawa Tengah  menyelenggarakan Pertemuan Koordinas Lintas Sektor dan Lintas Program serta Rakor Komisi Penanggulangan AIDS se Jawa Tengah *JATENG GAYENG NGATASI HIV BARENG*, pada 28 November 2022.
Satukan Langkah Cegah HIV!
(humas dinkesprov, 28/11)

Koordinasi dengan Organisasi Profesi Tenaga Kesehatan

Surakarta-Tanggal 24 s.d 25 November 2022 telah dilaksanakan acara Pertemuan Koordinasi dengan Organisasi Profesi Tenaga Kesehatan. Acara di selenggarakan di Hotel The Sunan Surakarta yang diikuti oleh 30 Organisasi Profesi dan perwakilan bidang di lingkungan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah.

Kegiatan ini untuk memperoleh rencana aksi dari Organisasi Profesi dalam pemecahan masalah-masalah kesehatan prioritas (AKI, AKB, TB, HIV, stunting) serta masalah-masalah kesehatan lain di Provinsi Jawa Tengah dengan berfokus pada ranah promotif dan preventif.

(humas dinkesprov, 25/11)

Evaluasi Kerjasama Lintas Batas Bidang P2P

Sebagai tindak lanjut pertemuan tanggal 16 – 17 Juli 2019 lintas batas Jateng dan Jabar oleh Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat menyelenggarakan Pertemuan Evaluasi Kerjasama Lintas Batas Bidang P2P, pada tanggal 21 sd 23 November 2022 bertempat di hotel Aston Cirebon, dengan menghadirkan Kepala Dinas Kesehatan beserta Puskesmas di Provinsi Jawa Barat yang berbatasan dengan Jawa Tengah , dan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah ( diwakili oleh fungsional Epidemiologi sie P2PM dan Fungsional Epidemiologi Sie Surveilans dan Imunisasi, Fungsional Adminkes Sub Bag Program, dan Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap serta Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes.
Pada pertemuan tersebut, beberapa hal yang disepakati untuk ditindaklanjuti oleh Puskesmas perbatasan antara lain meningkatkan koordinasi dalam cros notifikasi kasus penyakit menular maupun tidak menular, melakukan pemetaan masalah penyakit menular, populasi risiko , peta jalur / jalan transportasi dan mobilisasi penduduk, peta risiko PD3I dan peta risiko lingkungan.
(humas dinkesprov, 25/11)

Rapat Koordinasi Pelaksanaan Operasional Kegiatan (Rakorpok) APBD/APBN Bulan November 2022

Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah menyelenggarakan Pertemuan Rapat Koordinasi Pelaksanaan Operasional Kegiatan (Rakorpok) APBD/APBN Bulan November 2022 pada tanggal 22 November 2022 di Aula Jalabumi Setda Kabupaten Cilacap. Pertemuan dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah Ibu Yunita Dyah Suminar, SKM. M.Sc., M.Si, dihadiri oleh seluruh Kepala Bidang, Kepala UPT, Sub Koordinator, Ka Subbag, Ka TU di lingkungan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah dan UPT.
RAKORPOK sebagai sarana koordinasi, pengendalian, monitoring dan evaluasi pelaksanaan kegiatan sesuai dengan Rencana Kerja Operasional yang telah ditetapkan. Melalui Rakorpok dapat dilakukan evaluasi kinerja untuk memberikan umpan balik (feedback) perbaikan perencanaan, penerapan manajemen kinerja dalam rangka peningkatan akuntabilitas kinerja.
(humas dinkesprov, 22/11)

Selamat, Dinkesprov Raih Penghargaan dalam Penerapan K3 Perkantoran dan Protokol Kesehatan

Jakarta – Sekali dayung 2, 3 pulau terlampaui perumpamaan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah pagi ini yang mendapat 3 Penghargaan dari Kementerian Kesehatan RI dalam:
  1. Kategori Kantor OPD 1/BUMD/Swasta Setara Tahun 2022 Dalam Penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Perkantoran dan Protokol Kesehatan
  2. Gerakan Kerja Perempuan Produktif Sehat (GP2SP)
  3. Membina K3 Perkantoran
(humas dinkesprov, 17/11)

Pembekalan PIDI Angkatan IV dan PIDGI Angkatan I Tahun 2022

Semarang – Tanggal 13 s.d 15 November 2022 telah dilaksanakan acara pembekalan Program Internsip Dokter Indonesia (PIDI) Angkatan IV Tahun 2022 dan Program Internsip Dokter Gigi ( PIDGI) Angkatan I Tahun 2022.

Acara di selenggarakan di Hotel MG Setos yang diikuti oleh sekitar 346 peserta PIDI, 52 peserta PIDGI, dokter pendamping, dokter gigi pendamping, pimpinan wahana dan dari dinas kesehatan Kabupaten Kota.

Kegiatan internsip ini untuk lebih memantapkan kompetensi dokter dan dokter gigi agar lebih profesional.

(humas dinkesprov, 15/11)

Kunjungan Kerja Dalam Rangka Pencegahan Stunting di Kabupaten Kebumen

Selasa (15/11), Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah melaksanakan kunjungan kerja di 2 titik di Kabupaten Kebumen dalam rangka pencegahan stunting.  Pertama melaksanakan kunjungan bersama Gubernur Jawa Tengah ke Puskesmas Kebumen II, Kabupaten Kebumen. Puskesmas ini mempunyai inovasi pelayanan pada kasus stunting dengan memberikan menu makanan yg sudah diolah dengan pendampingan langsung oleh kader.
Kunjungan kedua di Posyandu Lestari Desa Banjurmukadan Kebumen untuk meninjau pelaksanaan Kelas Calon Pengantin, kelas Ibu hamil dan Pelaksanaan Posyandu Balita.
Rangkaian upaya mencegah stunting sangat penting dimulai calon pengantin, Ibu hamil, kemudian pada balita.
(humas dinkesprov, 15/11)

Kadinkesprov Hadiri Kariadi Public Health Fair 2022

Acara Kariadi Public Health Fair 2022 dalam rangka Peringatan Hari Kesehatan Nasional Ke-58 oleh RSUP Dr Kariadi Semarang di Area Car Free Day Simpang Lima Semarang.

Hari Kesehatan Nasional Tahun 2022 dengan tema Bangkit Indonesiaku, Sehat Negeriku, Pesan  Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah Yunita Dyah Suminar, SKM, M.Sc, M.Si., bahwa kasus covid mulai naik lagi, jaga Prokes, tingkatkan imun tubuh, sebagai tenaga kesehatan yg selalu melayani Masyarakat.

Kegiatan diisi dengan Senam Bersama, Talkshow Pelayanan Kesehatan dan Pemeriksaan Kesehatan.

(humas dinkesprov, 13/11)

 

Penganugerahan Tenaga Kesehatan Teladan dan SDM Kesehatan pendukung di Fasyankes tahun 2022

Hari ini, dilaksanakan Acara Penganugerahan Tenaga Kesehatan Teladan dan SDM Kesehatan pendukung di Fasyankes tahun 2022 oleh Kementerian Kesehatan.

Tenaga Kesehatan Teladan dan SDM pendukung yang berkesempatan untuk mengikuti acara tersebut adalah

  1. Kategori Puskesmas
  2. Bidan : Pramesti Widyastiningsih,Amd.Keb (Puskesmas Pucangsawit Kota Surakarta)
  3. Sanitarian : Uti Mukhtarimah, SKM (Puskesmas Pucangsawit Kota Surakarta)
  4. Tenaga Kesehatan Masyarakat : Fadlan Setiaji, SKM (Puskesmas Pucangsawit Kota Surakarta)
  5. Kategori Rumah Sakit
  6. Dokter Umum : dr. Asep Tornado ( RSUD Kelet)
  7. Perawat : Riono,S.Kep,Ns ( RSUD Tugurejo)
  8. Nutrisionis : Dwi Nur Endah Juni F, SKM,MM ( RSUD Tugurejo)
  9. Tenaga Teknik Biomedika : Khoirotun Nisa, AMd.Kes (RSUD Kelet)
  10. Kader Kesehatan Teladan : Sri Purwati ( Kader Posyandu Wijaya Kusuma I, Dukuh Tumang Sari , Cepogo, Kab Boyolali)

Yang berhasil mendapatkan penghargaan terbaik I tingkat Nasional adalah :

Kategori Puskesmas

  1. Bidan : Pramesti Widyastiningsih,Amd.Keb (Puskesmas Pucangsawit Kota Surakarta)
  2. Tenaga Kesehatan Masyarakat : Fadlan Setiaji, SKM (Puskesmas Pucangsawit Kota Surakarta)

(humas dinkesprov, 11/11)