Author Archives: dinkes

Persiapan BIAN (Bulan Imunisasi Anak Nasional) dan Kewaspadaan Hepatitis Akut

Semarang–Pemberian vaksin anak merupakan salah satu strategi pembangunan kesehatan nasional dalam rangka mewujudkan indonesia sehat.  Hari ini (17 Mei 2022) Dinas Kesehatan provinsi Jawa Tengah melaksanakan rapat persiapan  BIAN dan Kewaspadaan Hepatitis Akut yang dihadiri DP3AKB Provinsi Jawa Tengah, Dirbinmas Polda Jateng, PKK Prov Jateng, Dokkes Polda Jawa Tengah dan UNICEF Perwakilan Jawa Tengah sebagai upaya percepatan dari ketertinggalan cakupan imunisasi rutin pada anak selama pandemi covid maka diselenggarakan Bulan Imunisasi Anak Nasional.
Pelaksanaan BIAN Tahap I pada bulan Mei 2022 untuk wilayah Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara, Maluku dan Papua, kemudian Tahap II pada Agustus 2022 untuk Jawa dan Bali.
(humas dinkesprov, 17/5)

Pembekalan Program Internsip Dokter Indonesia (PIDI) Periode Mei 2022

Semarang–Tanggal 11 s.d 13 Mei 2022 dilaksanakan Pembekalan Peserta Program Internsip Dokter Indonesia (PIDI) Angkatan II Periode Mei 2022 Provinsi Jawa Tengah yang diikuti oleh 210 dokter dengan penempatan di 15 RS dan Puskesmas pada 12 Kab/Kota di Jawa Tengah.
Program Internsip Dokter Indonesia (PIDI) merupakan salah satu upaya pemerintah melalui Kementerian Kesehatan dalam meningkatkan mutu pelayanan kesehatan di Indonesia khususnya di bidang kesehatan.  “Selamat bertugas dan mengabdi para dokter Internsip di Jawa Tengah selama 1 tahun kedepan”.
(humas dinkesprov, 12/5)

Persiapan Desk PMPRB Dinkesprov Jateng

Semarang-Untuk membentuk sebuah organisasi yang berintergritas, berkinerja tinggi, bersih dan bebas KKN serta mampu melayani publik dengan baik diperlukan reformasi birokrasi.
Hal tersebut dilakukan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, yang berkomitmen membangun reformasi birokrasi yang selalu melihat perkembangan organisasi di masa mendatang.
(humas dinkesprov, 9/5)

Pantauan Kesiapan Faskes Menghadapi Masa Mudik Idul Fitri 1443 H

Tegal-Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah Dan Direktur Pelayanan Kesehatan Primer Kemenkes RI dr. Yanti Herman, SH, MH.Kes, melaksanakan pemantauan kesiapan fasyankes menghadapi masa mudik dan cuti bersama Hari Raya Idul Fitri tahun 2022.
Pada kesempatan kali ini pelaksanaan pemantauan di Posko exit tol Pejagan, serta pemantauan kesiapan fasyankes di RSUD Brebes, dan RSUD Kardinah Tegal.
Mari mudik sehat dengan selalu mematuhi protokol kesehatan selama perjalanan.
(humas dinkesprov, 25/4)

Launching Aplikasi Petroke, Juminah dan Cilong di RSMS Purwokerto

Hari ini RS Margono Soekarjo (RSMS) melaksanakan vaksinasi sekaligus melaunching 3 aplikasi.  Ada aplikasi Petroke (Penanganan Stroke), aplikasi Juminah (Kunjungan Maring Umah) dan aplikasi Cilong (Cuci Kilong).
Aplikasi petroke dan Juminah dapat di download di Playstore sedangan Cilong merupakan layanan pencucian kendaraan di lingkungan RSMS dengan menghubungi nomor ekstensi 4343.  Aplikasi ini memberikan kemudahan, kenyamanan, dan pelayanan yang aman bagi masyarakat yang membutuhkan tindakan segera untuk penanganan stroke, rehabilitasi medik dan pemeriksaan laboratorium.
(humas dinkesprov, 22/4)

Koordinasi & Konsolidasi Bidang Pelayanan Kesehatan Provinsi Jateng

Semarang-Di era digitalisasi, perlu adanya sinkronisasi terhadap fasilitas kesehatan di jawa tengah mencakup rumah sakit 325 (pemerintah/swasta), puskesmas 880, laboratorium kesehatan 196 (pemerintah dan swasta), Balkesmas 5, BKIM 1, Balabkes dan PAK 1.
Pada hari Selasa (12 Mei 2022) Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah melaksanakan rapat koordinasi yang dihadiri peserta dari Dinas Kesehatan Kab/Kota, UPT Dinas Kesehatan Provinsi, RSUD Provinsi dan RSUD Kab/Kota, Labkesda (Kab. Temanggung, Kab. Magelang, Kota Pekalongan dan Kebumen) dan menghadirkan narasumber dari Kemenkes RI, DPMPTSP Prov. Jateng, Pakar terkait pelayanan kegawatdaruratan maternal neonatal, pakar laboratorium, RSUD Dr. Kariadi dan RSUD Tugurejo Semarang dan Kab/kota terpilih.
Dengan dilaksanakan kegiatan ini diharapkan dapat terwujudnya transformasi pelayanan kesehatan dalam mendukung program prioritas nasional melalui peningkatan akses dan mutu.
(humas dinkesprov, 12/5)

Pendampingan Persiapan Zona Integritas WBK di Balkesmas Wilayah Klaten

Semarang–Dalam rangka persiapan pembangunan Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) di UPT Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, Kepala Dinas Kesehatan melakukan pengarahan dan pendampingan di beberapa UPT. UPT pertama yang dilakukan bimbingan adalah Balkesmas Wilayah Klaten dengan kegiatan memberikan arahan dan mengecek semua kelengkapan.
Pembangunan Zona Integritas WBK merupakah salah satu Role Model Reformasi Birokrasi guna membangun birokrasi yang bersih, akuntabel dan berkinerja tinggi sehingga dapat memberikan pelayanan yang terbaik.
(humas dinkesprov, 6/4)

Verifikasi ODF di Kabupaten Banyumas

Semarang-Hari ini tim verifikasi Open Defecation Free (ODF) Provinsi Jawa Tengah melaksanakan verifikasi ODF di Kabupaten Banyumas.  Tim verifikator dipimpin oleh Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, dr.Wahyu Setianingsih, M.Kes (Epid) bersama seksi Kesehatan Lingkungan & Kesehatan Kerja dan Olah Raga, Biro ISDA, Dinas Pendidikan, PKK Jateng, DLHK, dsb.
Tim verifikasi diterima langsung oleh Bupati Banyumas, verifikasi dilakukan atas permintaan Kabupaten Banyumas dengan tujuan mendapatkan predikat Kabupaten ODF yang ke 24 dari 35 Kab/Kota di Jawa Tengah menuju Provinsi Jawa Tengah ODF 2023.
Hasil verifikasi adalah berupa rekomendasi untuk mendapatkan predikat Kabupaten ODF.
(humas dinkesprov, 31/3)

Assessment dan Verifikasi Wilayah Bebas Malaria di Banjarnegara

Banjarnegara–Perlu diketahui bahwa Kabupaten/Kota di Jawa Tengah yang sudah eliminasi malaria adalah sejumlah 33 Kab/Kota dan hari ini bertambah 1 yaitu Kabupaten Banjarnegara sehingga sekarang totalnya ada 34 Kab/Kota.
Untuk menjadi wilayah bebas malaria harus ada assessment dan verifikasinya. Selama 3 hari ini (21-23/03) Kabupaten Banjarnegara melaksanakan kegiatan tersebut. Adapun tim penilainya dari berbagai pihak yaitu oleh tim dari substansi malaria kementerian kesehatan dan Komli Malaria dan didampingi oleh Tim Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah,  Balkesmas Ambarawa dan DKK Banjarnegara.
Semoga Eliminasi Malaria di Jawa Tengah segera bisa diwujudkan.
(humas dinkesprov, 21/3)

Penyerahan Bantuan Logistik dan Obat- obatan di Wilayah Terdampak Banjir

Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, menyerahkan bantuan berupa logistik dan obat-obatan untuk wilayah yang terdampak bencana banjir di Kabupaten Purworejo, Kebumen, dan Banyumas.  Bantuan ini di harapkan dapat membantu saudara-saudara kita yang terdampak banjir di wilayah tersebut.

Semoga banjir segera surut dan masyarakat sekitar dapat melaksanakan aktivitas kembali.

(humas dinkesprov, 21/3)