Author Archives: dinkes

Verivikasi SAQ KIP 2020, Komisi Informasi Provinsi Jawa Tengah Kunjungi PPID Pembantu Dinkesprov Jateng

Semarang== Pagi ini (21/10), Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah menerima kunjungan Komisi Informasi (KI) Provinsi Jawa Tengah dalam rangka visitasi badan publik dalam rangka Penilaian Badan Publik.  Penilai dari Komisi Informasi Provinsi Jawa Tengah adalah Bapak Handoko Agung Saputro, S.Sos dan tim.  Adapun visitasi ini merupakan tindaklanjut dari tahapan pemeringkatan badan publik.  Sebelumnya, telah dilakukan proses pengisian Self Assesment Question (SAQ).

Dalam verifikasi ini dilakukan 2 (dua) kegiatan, yaitu (a) pencermatan dan penilaian jawaban dalam lembar Kuesioner Penilaian Mandiri dan (b) Presentasi Daftar Informasi Publik dan Informasi Dikecualikan.

Pencermatan dan penilaian lembar Kuesioner Penilaian Mandiri atau SAQ dilaksanakan untuk memeriksa kebenaran, ketepatan dan kelengkapan jawaban SAQ. Oleh sebab itu Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah selaku PPID Pembantu telah menyediakan dokumen-dokumen pendukung yang diperlukan.

Presentasi DIP dan DIK dilakukan oleh Sekretaris Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah selaku Ketua PPID Pembantu didampingi Tim  sesuai SK Penetapan Pimpinan Badan Publik.

(20/10)

 

Semarang==Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Jiwa Sedunia, pagi tadi (16/10) Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah , mengadakan senam jantung sehat yang diikuti oleh karyawan.

Walaupun sedang pandemi, olahraga dilakukan teratur, karena ada ungkapan “di dalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang kuat” yang memang benar bahwa banyak penelitian yang membuktikan olahraga memiliki berbagai manfaat, baik bagi tubuh maupun mental manusia.

(humas dinkesprov, 16/10)

Rapat Kerja Dharma Wanita Persatuan Provinsi Jawa Tengah

www.dinkes.jatengprov.go.id==Raker/Rapat Kerja Dharma Wanita Persatuan Provinsi Jawa Tengah pada tanggal 14 Oktober 2020 yang di adakan bertempat di Ruang WijayaKusuma Kantor Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah dan dihadiri oleh Ketua dan Pengurus DWP Provinsi Jawa Tengah.

Pada Kesempatan ini disampaikan tutorial edukasi dan promosi kesehatan tentang Pemakaian Masker, Faceshiled dan cara mencuci tangan dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah.

(humas dinkesprov jateng, 14/10)

Pemeriksaan melalui Mobile Combat PCR di Kabupaten Rembang dan Pemalang

www.dinkes.jatengprov.go.id== Pada tanggal 5 dan 6 Oktober 2020 yang lalu, telah dilaksanakan Pemeriksaan PCR dengan mobile PCR, di Kabupaten Rembang dan Pemalang.

Mobile Combat PCR Covid-19 merupakan media pemeriksaan Covid-19 yang dilakukan secara mobile menggunakan Mobile Combat PCR Covid-19.

Alur Penggunaan Mobile Combat PCR Covid-19 bisa digunakan atas permohonan  Instansi tertentu tingkat Provinsi dan tingkat Kabupaten/Kota atau tanpa surat permohonan bila diperlukan dengan adanya pelonjakan kasus covid-19.

Tim Pelaksana Mobile Combat Pcr Covid-19 di Kabupaten Rembang dan Pemalang ini berasal dari

  1. RSUD Tugurejo Semarang
  2. Balai Labkes dan PAK Provinsi Jawa Tengah

Kunjungan Kerja Staf Khusus Kemenkes RI di Kabupaten Kebumen

www.dinkes.jatengprov.go.id–Kemarin (1/10), Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, dr. Yulianto Prabowo, M.Kes bersama Staf Khusus Kemenkes RI, Brigjen TNI (Purn.) dr. Jajang Edi Prayitno, Sp.B., M.A.R.S melakukan kunjungan kerja ke beberapa tempat di Kabupaten Kebumen.

Diantaranya yaitu Pondok Pesantren Nurul Hidayah dan RSUD dr. Soedirman Kabupaten Kebumen

(humas dinkesprov, 1/10)

Penandatanganan Rencana Kerja Tahunan Kerjasama Jateng-JHPIEGO

Semarang== Pagi ini telah dilaksanakan Penandatanganan Rencana Kerja Tahunan Kerjasama Jateng-JHPIEGO Tahun 2020-2023, antara Kepala Dinkes Prov Jateng dengan Country Director JHPIEGO Program KBPP (KB Pasca persalinan) untuk meningkatkan kualitas Kesehatan.
Maksud dari kerja sama ini adalah :
1. Bagaimana meningkatkan pelayanan KBPP
2. Bagaimana meningkatkan cakupan ibu bersalin mendapat KBPP sblm meninggalkan faskes
3. Bagaimana Ibu dalam masa post partum 6minggu bisa mendapatkan layanan KBPP
Program ini dimulai di 4 kabupaten, yaitu : Kabupaten Brebes, Kabupaten Batang, Kabupaten Tegal dan Kabupaten Banjarnegara.
Ibu pasca melahirkan juga berhak mendapatkan kesehatan yang berkualitas.  Mari kita dukung KB Pasca Persalinan.
(humas dinkesprov, 24/9)

Pemeriksaan PCR dengan Mobile PCR di Kabupaten Tegal

Kabupaten Tegal==Kabupaten Tegal menjadi pelaksanaan pemeriksaan PCR dengan mobile PCR. Mendapatkan 122 sampel dari Nakes, Guru SMA, dan santri di Kab.Tegal.
Pemeriksaan PCR ini dilaksanakan oleh Balabkes dan PAK Provinsi Jawa Tengah. (humas dinkesprov, 23/9)

Optimalisasi Percepatan Pelaksanaan Kegiatan Bersumber Anggaran DAK

Salatiga-Sejak Rabu sampai Jumat, (tanggal 9-11 September 2020) dilakukan kegiatan Optimalisasi Percepatan Pelaksanaan Kegiatan Bersumber Anggaran DAK Bidang Kesehatan Tahun Anggaran 2020 di Kota Salatiga. Kegiatan di buka langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah. Tujuannya adalah agar penggunaan anggaran DAK dapat dimanfaatkan dengan baik.

(humas dinkesprov, 9/9)

Penandatanganan Naskah Kerjasama dengan Direktur Stem Cell and Cancer Research SCCR Indonesia

Semarang== Siang ini 4 September 2020, Kadinkes Provinsi  Jateng menghadiri pertemuan di Gedung IBL Unissula dalam rangka penandatanganan naskah perjanjian kerjasama antara Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah dengan Direktur Stem Cell and Cancer Research SCCR Indonesia tentang pelaksanaan produksi secretom sel Punca Mesenkimal.

Dihadiri pula oleh Kepala/ perwakilan dari Bappeda Jateng, Pemotdaks Jateng, Biro Hukum Setda Jateng, Kabid Yankes Dinkes Prov Jateng, serta Ketua IDI Semarang

(humas dinkesprov, 4/9)

Serangkaian Kegiatan Mobile Combat PCR COVID-19

Semarang==Kegiatan Mobile Combat PCR COVID-19 mulai 23 Juli 2020 sampai 3 September 2020 kemarin telah dilaksanakan di 15 titik pemeriksaan, seperti pada Rumdin Walikota Semarang, RSUD Kelet, Kendal, Demak, Pekalongan dan beberapa lokasi lainnya. Dengan terdiri dari 3 Tim Pelaksana yaitu RS Nasional Diponegoro Semarang, RSUD Tugurejo Semarang dan Balai Labkes dan PAK Provinsi Jawa Tengah.

(humas dinkesprov, 3/9)