Author Archives: dinkes

Pantauan Pelaksanaan Vaksinasi di Faskes Kota Semarang

Semarang==Hari ini, Gubernur Jawa Tengah bersama Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah melakukan pemantauan pelaksanaan vaksinasi di beberapa fasilitas pelayanan kesehatan di kota Semarang untuk memastikan kelancaran vaksinasi di hari ke-5 ini.
Tempat yang dikunjungi antara lain :
1. Puskesmas Kagok
2. Rumah Sakit Nasional Diponegoro
3. Puskesmas Rowosari
4. RST Bhakti Wira Tamtama
(humas dinkesprov, 18/1)

Semarang==Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah menerima Bantuan 4 ventilator lengkap dari Kementerian Kesehatan RI yang diwakili oleh Direktur Pelayanan Kesehatan Tradisional siang tadi.
Diharapkan ventilator ini dapat digunakan untuk menangani kasus covid sedang-berat dan dapat digunakan di ruangan gawat darurat maupun ICU.
Tetap terapkan Protokol Kesehatan dimanapun dan kapanpun demi Keamanan Bersama.
(humas dinkesprov, 14/1)

Pemantauan Persiapan Pelaksanaan Vaksin di Jawa Tengah

Semarang== Hari ini Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah mendampingi Bapak Gubernur Jawa Tengah dalam Pemantauan Persiapan Pelaksanaan Vaksin di Jawa Tengah.   Peninjauan pada beberapa lokasi, seperti :
di RSUD Tugurejo, Puskesmas Pandanaran Kota Semarang, RSUD Ungaran Kab Semarang Dan Puskesmas Ungaran Kabupaten Semarang.
Peninjauan terhadap alur vaksinasi & sarpas termasuk cold chain.
Alur pelaksanaan vaksinasi covid-19 ini disediakan 4 meja, yaitu :
*Meja 1 : pendaftaran
*Meja 2 : screening (anamnesa dan pemeriksaan fisik)
*Meja 3 : vaksinasi
*Meja 4 : pencatatan dan observasi
Semoga dengan vaksinasi ini menjadi sebuah tindakan baik untuk melawanCovid19.
(humas dinkesprov, 13/1)

Gubernur Didampingi Kadinkesprov Jateng Pesan GeNose Buatan UGM

Yogyakarta==Selasa 5 Januari 2021, kunjungan Gubernur Provinsi Jawa Tengah didampingi Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah dan Direktur RSUP Kariadi beserta jajaran di UGM STP (Science Techno Park) meninjau Alat yang akan dipesan untuk dipergunakan di Jawa Tengah.

Alat tersebut bernama GeNose C19 (Alat Deteksi Cepat Infeksi Sars-Cov2 Melalui Hembusan Nafas).

Ketua Tim GeNose C-19 Kuwat Triyana menerangkan, cara kerja GeNose adalah mendeteksi senyawa organik bernama volatile organic compound (VOC) hasil proses metabolik virus Covid-19 di dalam tubuh melalui embusan napas.

”Kalau yang memiliki Covid-19, reaksi metabolik yang dihasilkan akan berbeda dengan patogen lain. Jadi, kalau yang mengandung Covid-19, langsung bisa terdeteksi,” terang Kuwat Triyana.

(5/1)

Gubernur Cek Vaksin Covid-19 di Gudang Tambakaji

Semarang==Pagi ini Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bersama Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah dr Yulianto Prabowo, M.Kes bersama Tim,  mengunjungi tempat penyimpanan Vaksin Covid-19 yang datang semalam sekitar pukul 02.30 WIB. Ditempat tersebut Bp. Ganjar Pranowo memberi pengarahan kepada TIM yang bertugas dan berjaga disana.

Sebanyak 62.560 dosis vaksin Covid-19 untuk Jawa Tengah tiba di gudang Dinas Kesehatan Jateng, Kota Semarang, Senin (4/1/2021). Dalam dua hari ini, vaksin akan didistribusikan ke kabupaten/kota dengan jadwal vaksinasi direncanakan mulai 14 Januari 2021.

Vaksin tersebut tiba di gudang Dinkes Jateng, Kota Semarang, Senin pukul 03.00.  Dalam penataannya, pengelolaan rantai dingin vaksin dipastikan tepat, yakni dalam alat penyimpanan dengan suhu 2-8 derajat celsius.

Untuk tahap pertama ini, sudah didata penerimaan di masing-masing daerah. Sebanyak 35 kabupaten/ kota sudah dihitung distribusi vaksin tahap awal ini.  “Sudah ada tabelnya dari 35 kabupaten/ kota penerima vaksin ini. Terbanyak kalau saya lihat di Kota Semarang, kemudian Solo dan Banyumas. Itu yang rata-rata jumlahnya di atas 10.000 dosis,” pungkas Ganjar Pranowo.
(4/1)

Kunker Kadinkesprov Dalam Persiapan Vaksinasi Covid 19

Sukoharjo==Hari ini 29 Desember 2020 Kadinkes Provinsi Jawa Tengah melaksanakan Kunjungan Kerja dengan DKK Kab Sukoharjo, Wonogiri dan Surakarta dalam rangka persiapan vaksinasi Covid 19. Selain itu Yulianto Prabowo juga menghadiri pemantauan arus mudik atau Nataru 2020 2021 diterminal baik di Kab Sukoharjo, Wonogiri, dan Surakarta bersama Kapolres, Kadinkes Dinas Kesehatan Kab dan Kota serta Koordinator terminal

Kegiatan ini untuk memastikan kondisi aman selama akhir tahun 2020. Tetap jaga kesehatan dan kondisi, dan untuk mengurangi dan menekan penyebaran virus Covid19 lebih baik tetap di rumah saja.

(humas dinkesprov, 29/12)

Operasi Yustisi Terpadu Random Rapid Test Antigen Antisipasi Covid Saat Libur Nataru

Brebes==Hari ini Minggu 27/12/2002, kembali kegiatan Operasi Yustisi Terpadu Random Rapid Test Antigen di Beberapa Titik Lokasi baik di Rest Area dan Obyek Wisata, antara lain :
  • Rest area 260 B Brebes : Kegiatan dilaksanakan oleh RSUD Tugurejo bersama Dinkes Kab Brebes, Dishub, Bina Marga, Satpol PP Prov Jateng serta Polres Brebes. Tes rapid antigen telah dilaksanakan dg sasaran sebanyak 71 orang dengan hasil 71 orang Non Reaktif dan 0 orang positif.
  • Rest Area 429 Kab.Semarang : Posko kesehatan dengan koordinasi LS dan LP (Dinkes prov, Balabkes, Dinkes Kab Semarang, Polri, TNI, Satpol PP, Disperhub, Dinas PU dan Binamarga. Pemeriksaan Rapid Test Antigen dari Balabkes prov Jateng yg diakses secara gratis oleh masyarakat pengguna rest area 429 dengan hasil pemeriksaan sebanyak 125 sampel, dari 125 sampel yg diperiksa hasil nya adalah 117 sampel Non Reakatif (Negatif) dan 8 sampel Reaktif (Positif). Yang selanjutnya dilakukan koordinasi dgn Dinas Kesehatan Kabupaten/ Kota setempat untuk tindak lanjut hasil rapid antigen yg reaktif.
  • Obyek Wisata Dusun Semilir : Pelaksanaan Rapid Test Antigen di tempat wisata dusun semilir Kab Semarang oleh BKIM prov jateng, dinkes kab semarang, puskesmas pringapus dan puskesmas ambarawa dengan jumlah yang diperiksa 144 orang dg hasil non reaktif/negatif semua.
  • Obyek Wisata TST, Jurug : Pengunjung tidak banyak sehingga pengguna jalan dpn TST Jurug, pedagang asongan, petugas TST Jurug, petugas Satpol PP kota dan Dishub menhadi target pemeriksaan. Petugas rapid test antigen dr RSUD Dr Moewardi, selain itu pengawalan penuh dari Satpol PP kota dan prov, Polres/Polsek, Dishub, Dinas Pariwisata, DKK Kota. Dari 81 org yg diperiksa, 1 org pos/reaktif dan langsung dilakukan swab orofaring,untuk selanjutnya yang bersangkutan melakukan isoman sembari menunggu hasil PCR.
  • Obyek Wisata Dieng: petugas gabungan dari Balkesmas wilayah Ambarawa UPT Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah bersama dengan Dinkes Kab wonosobo, kepolisian, Dishub dan Satpol PP dengan hasil dari 73 Orang yaitu 72 orang Negatif dan 1 Orang Positif Rapid Test Antigen, lalu yang bersangkutan langsung dipulangkan dan sudah koordinasi dengan DKK setempat untuk ditindaklanjuti.
Bijak Berlibur, Jangan Lupakan Protokol.  Karna Peduli itu Penting dalam melawan Covid.
(humas dinkesprov, 27/12)

Random Rapid Tes Antigen di Batang, Salatiga dan Borobudur

Salatiga== Hari ini dilakukan kembali operasi yustisi terpadu Random Rapid Test Antigen di Beberapa Titik Lokasi baik di Rest Area dan Obyek Wisata, antara lain :
  • Rest Area 456 Salatiga : Petugas dari Balkesmas Klaten, Balkesmas Ambarawa dan Puskesmas Banyubening.
  • Objek Wisata Borobudur : Petugas dari Balkesmas Magelang, Dinkes Kab Magelang yg terdiri: Puskesmas Mertoyudan 2, Puskesmas Borobudur, Pusk Muntilan. Hadir pula Kadisporapar, Drs. Sinoeng Noegroho Rachmadi, MM.
  • Rest Area 379 Batang : Petugas dari Balkesmas Semarang.
Tetap bijak dalam berlibur, Jangan Lupakan Protokol, karena Peduli itu Penting dalam melawan Covid 19.
(humas dinkesprov, 26/12)

Lomba Tenis Meja Dalam Rangka Peringatan Hari Aids Sedunia

Semarang== Masih dalam rangka peringatan Hari AIDS Sedunia, Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah mengadakan lomba tenis meja secara internal yang diikuti oleh karyawan. Selain menjadi ajang kompetisi, perlombaan ini juga ditujukan untuk memupuk keakraban antar karyawan, serta membuat tubuh lebih sehat dimasa pandemi seperti sekarang ini.
Nah, ingat ya untuk tetap rajin olahraga serta dimbangi makan makanan dengan gizi seimbang dan istirahat yang cukup agar dimasa pendemi tubuh tetap sehat!
(humas dinkesprov, 18/12)

Peninjauan Gedung MRI RSUP dr.Soeradji Tirtonegoro, Menkes didampingi Kadinkesprov

Klaten==Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah mendampingi Menteri Kesehatan RI pada Jumat, 11 Desember 2020, melakukan kunjungan di Provinsi Jawa Tengah. Agenda Menteri Kesehatan di Jawa Tengah hari ini adalah kunjungan ke RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro, Klaten dalam rangka peninjauan gedung MRI.

Kemudian agenda selanjutnya adalah peresmian gedung pelayanan dan pengujian dan kalibrasi serta gedung penunjang pelayanan Loka Pengamanan Fasilitas Kesehatan (LPFK) Surakarta, dengan penandatanganan prasasti oleh Menkes RI, di lanjutkan dengan pembukaan dan peninjauan gedung baru. Terakhir, kunjungan ke Rumah Sakit Ortopedi dr. Soeharso dengan agenda kegiatan peninjauan ruang radiologi, ruang laboratorium dan ruang perawatan.

(humas dinkesprov, 11/12)