Orientasi SIP ASDK Setos 31 Juli


Version
Download 32
Total Views 97
Stock
File Size 14.15 MB
File Type rar
Create Date 1 August 2019
Last Updated 1 August 2019
Download

Orientasi SIP/SIKDA (Aplikasi Satu Data Kesehatan (ASDK) di Provinsi Jawa Tengah)

Sistem Informasi Kesehatan (SIK) terus berkembang seiring perkembangan teknologi informasi. Manajemen SIK terus disempurnakan mulai dari aspek atau komponen hardware, aplikasi, brainware serta mekanisme dan substansi data atau informasinya yang dikelola.

Program open source yang bernama Aplikasi Satu Data Kesehatan dengan (ASDK) platform District Health Information System 2 (DHIS2) dapat dimanfaatkan untuk pengumpulan data, mengelola, dan menganalisis data. ASDK juga merupakan sistem yang dapat digunakan melakukan atau mengalirkan data dari dua sistem untuk kemudian keluar dalam satu dashboard penyajian data. Implementasi ASDK menekankan aspek integrasi sumber data baik di tingkat nasional maupun daerah. Berbagai sumber data diintegrasikan ke dalam ASDK yang menyediakan berbagai fitur untuk manajemen data, validasi, analisis, dan visualisasi data kesehatan.

Tujuan pertemuan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan pengelola SIK Provinsi/Kabupaten/Kota dalam mengimplementasikan Aplikasi Satu Data Kesehatan dalam pengelolaan data dan informasi kesehatan.

Pertemuan dilaksanakan di Kota Semarang selama tiga hari mulai tanggal 30 Juli s/d 1 Agustus 2019 di Hotel MG Setos, Semarang. Pertemuan diikuti oleh 45 orang peserta yang terdiri dari 35 orang pengelola SIK Kab/kota dan 10 orang pengelola SIK Dinas Kesehatan Provinsi.

(30/7)

About dinkes

Leave a Reply

Your email address will not be published.