Distribusi Jogo Tonggo Kit kepada Pemerintah Kabupaten Kudus

www.dinkes.jatengprov.go.id – Hari ini (03/07/2020) telah dilaksanakan penyerahan Bantuan Jogo Tonggo Kit di Pendopo Kabupaten Kudus, kepada 132 Kelurahan yang diwakili kepada 1 Kelurahan di Kabupaten Kudus. Jogo Tonggo Kit ini adalah sebagai stimulan dalam rangka mempersiapkan masyarakat dalam tatanan baru atau new normal agar mempunyai pengetahuan, sikap, dan perilaku dalam hidup bersih dan sehat sesuai dengan protokol kesehatan yang ada. Semua ada 8562 paket kit yang sudah didistribusikan. Jogo tonggo kit seharga sekitar Rp 7.88 juta yang terdiri dari : Tas berisi masker kain 1000 pcs, Baju APD  10  set,  Thermogun  1  pcs, Modul 1 paket, kemudian Sepatu boot 10 pasang, Sarung tangan 10 pasang, spryer 1 pcs, hand sanitizer 50 L, serta desinfektan 30 L.

Selain itu Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, dr. Yulianto Prabowo, M.Kes menjelaskan ada beberapa strategi dalam penanganan Covid 19 diantara nya adalah PSBB dan Pemberdayaan masyarakat. “Pemberdayaan masyarakat itu dilakukan diswadayakan oleh masyarakat itu sendiri, salah satunya dengan Jogo Tonggo ini, di tingkat RW” ujarnya. Jogo Tonggo kit ini diserahan ke semua kelurahan di Kabupaten Kudus. Tentunya secara jumlah tidak mencukupi semua kebutuhan,tetapi penyerahan Jogo Tonggo Kit diharapkan bisa menjadi stimulan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid 19.

Yulianto menyatakan kasus corona di Provinsi Jateng memang tengah naik akibat penelusuran yang masif. Sehingga dengan adanya Satgas Jogo tongo selain bisa memutus mata rantai Covid 19 juga bisa untuk memantau golongan golangan yang rentan tertular seperti balita, lansia dan Ibu hamil, dapat juga untuk mendata kesehatan Ibu dan Anak, penderita gizi buruk, dan juga penderita TB. Satgas jogo Tonggo diharapkan bisa melakukan pencatatan secara maksimal, dan nantinya akan didukung dengan pemanfaataan sistem informasi untuk memantau perkembangan satgas di setiap RW.

(humas dinkesprov, 3/7)

Print

About dinkes

Leave a Reply

Your email address will not be published.