Tim TGC dan PSC Telah Disiapkan dalam Posko Terpadu Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2019

www.dinkes.jatengprov.go.id– Sebagian besar wilayah Jawa Tengah berpotensi rawan dan sering mengalami kejadian bencana, baik bencana alam, bencana non alam, maupun bencana sosial.  Kaitannya dengan bencana ataupun kondisi emergensi kesehatan/medik, tidak bisa dilepaskan dengan dengan agenda tahunan di Indonesia dan Jawa Tengah khususnya, yaitu pelaksanaan penyelenggaraan Kesehatan pada Situasi Khusus Natal tahun 2019 dan Tahun Baru 2020 H di Jawa Tengah.

Guna antisipasi hal tersebut, Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah bersama-sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten/ Kota melakukan langkah – langkah nyata untuk antisipasi kejadian darurat sehari – hari, dengan melakukan inventarisasi kondisi potensial terjadi kegawatdaruratan medik selama arus mudik – balik Natal tahun 2019 dan Tahun Baru 2020, serta membentuk Public Safety Center (PSC) 119 di setiap Kabupaten / Kota sebagai ujung tombak pelayanan pra rumah sakit ketika terjadi kegawatdaruratan medik / kesehatan.  Salah satu wujud nyata adalah dengan membentuk POSKO KESEHATAN di POSKO TERPADU Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

Posko Terpadu Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2019 di Wisma Perdamaian, pagi tadi (22/12/19) sudah mulai dibuka. Pembukaan dipimpin langsung oleh Bapak Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan melakukan gelar pasukan. Dalam operasi Nataru 2019, Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, sebagai koordinator bidang kesehatan, membuka posko aduan masalah kesehatan, serta menugaskan Tim TGC dan Tim PSC 119. Masyarakat juga dapat memantau melalui website PSC 119 di http://psc.dinkesjatengprov.go.id/. (22/12)

Print

About dinkes

Leave a Reply

Your email address will not be published.