Peningkatan Penataan Arsip Inaktif

www.dinkesjatengprov.go.id– Tanggal 10-11 oktober 2019 menjadi agenda dari Subbag Umum dan Kepegawaian dalam mengadakan kegiatan Pertemuan Pengelolaan Surat Dinamis Inaktif.

Dilatarbelakangi dengan permasalahan yang sering dihadapi oleh sebagian besar organisasi pemerintah adalah menumpuknya arsip inaktif.  Arsip inaktif menurut Undang-undang Nomor 43 Tahun 2009 adalah arsip yang frekuensi penggunaannya untuk penyelenggaraan administrasi sudah menurun. Sehingga arsip inaktif tersebut harus dikurangi atau disusutkan agar tidak menimbulkan ketidakefisienan dalam penyelenggaraan kearsipan.  Arsip tersebut sebagai “barang bekas” harus dikelola dengan tahapan-tahapan yang benar sehingga dapat didayagunakan.

Dalam penataan arsip inaktif diperlukan pengetahuan dan kemampuan meliputi intellectual handling dan technical handling.
Oleh karena itu sumber daya manusia kearsipan khususnya di Sub Bagian Umum dan Kepegawaian Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah,  perlu menguasai manajemen arsip inaktif, penataan arsip inaktif dan kemampuan merancang program penataan arsip inaktif.

(humas dinkesprov, 11/10)

Print

About dinkes

Leave a Reply

Your email address will not be published.