Audiensi Pembentukan Pergub Komatda Jawa Tengah

www.dinkes.jatengprov.go.id–Senin, 24 Juni 2019, Ketua Komite Mata Nasional, Bapak Andi F Noya dan jajarannya. berkunjung ke  Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah dalam rangka audiensi pembentukan Pergub Komatda Jawa Tengah.

Komite Mata Nasional (Komatnas) adalah suatu organisasi independen yang beranggotakan berbagai unsur masyarakat seperti jurnalis/ penggiat media, LSM, organisasi profesi (misalnya Persatuan Dokter Mata Indonesia, Perdami; dan swasta (misalnya Gabungan Pengusaha Optik Indonesia, GAPOPIN). Dasar dibentuknya Komatnas adalah melalui SK Menteri Kesehatan Nomor HK 02.02/Menkes/155/2015 tanggal 15 April 2015, dengan mandat utama mendukung pemerintah dalam melakukan Penanggulangan Gangguan Penglihatan (PGP) dan pencapaian Universal Eye Health pada tahun 2030.

Saat ini, Indonesia berada pada peringkat pertama negara dengan prevalensi tinggi kebutaan yang dapat dihindari (avoidable blindness) di wilayah Asia Tenggara. Data hasil Rapid Assessment of Avoidable Blindness (RAAB) tahun 2014 – 2016 menunjukkan Provinsi Jawa Tengah merupakan salah satu dari 15 provinsi di Indonesia yang berkontribusi pada tingginya prevalensi nasional. (24/6)

Print

About dinkes

Leave a Reply

Your email address will not be published.