Gerakan Deteksi Dini Faktor Resiko Penyakit Tidak Menular di Tingkat Kecamatan

www.dinkesjatengprov.go.id–Senin, 27 Mei 2019, Kegiatan pertemuan Seksi PTM dan Keswa (Kesehatan Jiwa) Dinkes Provinsi Jateng pada 27/5 bertempat di Kecamatan Grabag Kabupaten Pemalang dengan tema “Sosialisasi Gerakan Deteksi Dini Faktor Resiko Penyakit Tidak Menular di Tingkat Kecamatan”.

Penyakit Tidak Menular (PTM) adalah penyebab kematian terbanyak di Indonesia. Keadaan dimana penyakit menular masih merupakan masalah kesehatan penting dan dalam waktu bersamaan morbiditas dan mortalitas PTM makin meningkat merupakan beban ganda dalam pelayanan kesehatan, tantangan yang harus dihadapi dalam pembangunan bidang kesehatan di Indonesia. peningkatan PTM berdampak negatif pada ekonomi dan produktivitas bangsa.Selain itu, salah satu dampak PTM adalah terjadinya kecacatan termasuk kecacatan permanen. 

Salah satu cara mencegah dan mengendalikan PTM adalah dengan melakukan deteksi dini faktor resiko PTM. Dengan mendeteksi sedini mungkin faktor resiko PTM, maka kecenderungan seseorang untuk mengalami PTM akan dapat dicegah dan perilaku yang beresiko terhadap PTM juga dapat dikendalikan.
Seperti halnya di Kabupaten Pemalang, acara sosialisasi gerakan Deteksi Dini Faktor Resiko PTM ini juga dilaksanakan di seluruh kabupaten/kota lainnya di Jawa Tengah. Meskipun terselenggara di bulan Ramadhan, tidak mengurangi antusias peserta maupun penyelenggara demi terwujudnya masyarakat Indonesia bebas Penyakit Tidak Menular.

(humas dinkesjatengprov, 27/5)


Print

About dinkes

Leave a Reply

Your email address will not be published.