Posyandu itu Asyik

www.dinkesjatengprov.go.id–Semarang,  Setiap tahunnya pada tanggal 29 April di peringati sebagai Hari Posyandu.  Posyandu merupakan salah satu bentuk Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat (UKBM) yang dikelola dari, oleh, untuk, dan bersama masyarakat, guna memberdayakan masyarakat dan memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasar.

Posyandu sebagai wadah pemberdayaan masyarakat di bidang kesehatan, yang dalam pengembangannya mendapatkan pembinaan secara teknis kesehatan dan pembinaan kelembagaan. Pasal 150 pada Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 2014 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 6 tahun 2014 tentang Desa, Posyandu merupakan salah satu bentuk Lembaga Kemasyarakatan Desa (LKD) selain Rukun Tetangga, Rukun Warga, Karang Taruna, Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga dan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat.

Keberhasilan pengelolaan Posyandu memerlukan dukungan yang kuat dari berbagai pihak, baik dukungan moril, materil, maupun finansial. Selain itu diperlukan adanya kerjasama, tekanan dan pengabdian para pengelolanya termasuk kader.

Apabila kegiatan Posyandu terselenggara dengan baik akan memberikan kontribusi yang besar, dalam menurunkan angka kematian ibu, bayi, dan anak balita.  Posyandu itu Asyik (humas dinkesprovjateng 29/4)

Print

About dinkes

Leave a Reply

Your email address will not be published.