Program Inovasi Unggulan, 5Ng (JateNG GayeNG NginceNG woNG meteNG)

www.dinkes.jatengprov.go.id – Semarang,   5Ng (JateNG GayeNG NginceNG woNG meteNG) merupakan Program Inovasi Unggulan, dimana Pemprov Jateng masuk dalam Nominasi Penghargaan Pembangunan Daerah Tahun 2019.  Salah satu indikator penilaian adalah Kebaruan Inovasi Daerah melalui program 5Ng tersebut.  Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, dr.Yulianto Prabowo, M.Kes pada Senin, 11 Maret 2019.

Penyampaian materi dilaksanakan pada saat Coffee Morning Bupati Banyumas di Pendopo Si Panji Kabupaten Banyumas. Program 5Ng (JateNG GayeNG NginceNG woNG meteNG) merupakan kegiatan sistematis dan terpadu untuk mengurangi Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB).  Perlu diciptakan suatu kondisi di mana semua ibu hamil terpantau agar mendapatkan pelayanan kesehatan yang optimal sehingga ibu selamat, dan bayi sehat. Beberapa penyebab kematian ibu& bayi antara lain : status kesehatan ibu & calon ibu yang masih rendah; meningkatnya kasus kehamilan yang tidak diinginkan; kompetensi bidan desa masih kurang; jumlah dan penyebaran dokter tidak merata; dll.

“5Ng” merupakan Program Inovasi dari Pemprov Jateng, bersama menekan AKI DAN AKB.  Program 5Ng dilaksanakan dalam 4 Fase, yaitu : Fase sebelum Hamil, Fase kehamilan, Fase Persalinan, dan Fase Nifas.

dr. Yulianto Prabowo, M.Kes juga mengingatkan di akhir paparannya, agar JANGAN “4T” untuk mendukung “5Ng” yaitu Terlalu Muda usia calon ibu; Terlalu Tua untuk hamil; Terlalu sering Hamil, dan Terlalu Dekat jarak kehamilannya…

– Humas Umum dan Kepegawaian

Print

About dinkes

Leave a Reply

Your email address will not be published.