image image image image image image image image image
  • KOMDAT 2017
    KOMDAT 2017  
  • LKJIP 2015-2016
    LKJIP DINAS KESEHATAN TAHUN...
  • IMUNISASI MR
      IMUNISASI MR  

Top New :

"AKU BISA MELAKUKAN DTEKSI DINI KITA BISA MENCEGAH KANKER" Tema : Hidup Sehat Hindari Kanker

 

RAPAT KERJA KESEHATAN DAERAH TAHUN 2018

gub raker 2018

Gubernur Jawa Tengah membuka RAKERKESDA Provinsi Jawa Tengah

Semarang, dinkesjatengprov.go.idCapaian bidang kesehatan yang ada merupakan kerja keras dan kontribusi dari semua pihak baik sampai tingkat pelosok kabupaten kota, kecamatan, desa termasuk LSM, pemangku kepentingan, dan semua yang peduli membangun kualitas kesehatan di Jawa Tengah.

Kita dengar bahwa di Jateng terkena OTT di RS ada 2 kasus. Hal ini menunjukkan integritas masih dipertanyakan, maka berikanlah contoh dan tularkan kepada teman-teman. Ucapan terima kasih untuk RS khususnya RS Provinsi telah mendapat apresiasi dari KEMENPAN-RB dan KPK. Bila layanan sudah baik maka turun menjadi kebijakan yang lebih baik.

Target yang dicapai Alhamdulillah berhasil, namun masih ada komplain oleh masyarakat. Contoh target ODF (Open Defecation Free) di Sragen belum tercapai, Terkadang bila kita malu mengakui justru tidak ada kebijakan yang diambil untuk mengatasinya. Rakyat sekarang sudah pintar. Semakin kita jujur dan apa adanya semakin disukai. Jujur dan apa adanya ciri-cirinya adalah konsisten terus menerus dan bila ditanya akan spontan jawabannya.

Yang telah ada dan baik didorong kembali. Saya termotivasi dengan Kepala dearah yang lain, sehingga saya belajar, misalnya tentang investasi, Government Resource Management System (GRMS) kita belajar dari Jatim.

Pengelolaan keuangan yang baik menurut saya saat itu adalah Kota Surabaya, Bu Risma saat menyelenggarakan pameran di Musrenbang Nasional, yang saat itu dijaga oleh seorang pegawai muda dengan masa kerja 4 tahun dengan pendidikan S1, bisa bergaji Rp9 juta. Ternyata semua resource dikelola dengan baik, dia membuat Government Resourcement Manajemen System (GRMS) dan saya adopt, lalu disesuaikan dikembangkan sesuai dengan kebutuhan provinsi, maka jadilah itu. Saya senang KPK memberikan apresiasi kepada Jateng sehingga sekarang saya bisa membaca kinerja kawan-kawan cukup melalui gadget atau mobile phone.

Sehingga saat ini bisa dilihat ketercapaian target dan PIC nya. Semua bisa dilihat oleh Gubernur. Semua bisa dilihat, tergantung berdasarkan tingkatan eselon. Eselon tiga bisa dilihat eselon dua, eselon dua dilihat eselon I, dst. Disclose untuk internal itu penting untuk transparansi, namun tidak telanjang. Perilaku birokraksi kita rubah sehingga sampai tingkat layanan. Ternyata biaya-biaya yang tidak terlalu penting bisa di drop untuk menaikkan pendapatan, contohnya TPP.

Majukan daerahmu, tingkatkan pendapatanmu. Ada kedaulatan di bidang politik yang tidak bisa diintervensi. Berdikari di bidang ekonomi, berdikari dalam bidang kesehatan itu mandiri. Sumber Daya kita itu tidak kurang. Pusat melihat Jateng bagus, segala perintah dikerjakan dengan cepat, Ketaatan dipakai dalam kebijakan kesehatan untuk membereskan masalah, contoh AKI bisa turun dari target karena rekan-rekan semua aktif. Saya setiap jalan ketemu orang hamil, selalu saya tanyakan ini hamil keberapa? Dst.. dan kita meminta untuk KB.

Saya berdialog untuk memudahkan. Contoh dialog kepada masyarakat supaya aware, contoh di wonosobo dengan rumah bagus namun masih BAB di sungai. Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS), air bersih, makan sehat, Olah Raga adalah contoh mudah komunikasi kita kepada masayarakat. Jadi tidak melulu dikit-dikit BPJS, bisa tutup itu BPJS.

Kinerja kita semua luar biasa, ditunjukkan dengan Angka Harapan Hidup (AHH) di Jateng cukup tinggi 74Th. Ada ASN yang sudah purna, namun masih semangat untuk bekerja, bisa didayagunakan sebagai tenaga honorer lepas.

Dalam target evaluasi kesehatan OPD, kesehatan untuk NDR masih ada nilai merah 1 buah, namun telah diperbaiki, sehingga semua indikator tercapai. Angka temuan HIV/AIDs pasti meningkat, karena bila kita mencari kita pasti dapat menemukan. Mungkin ada cara-cara atau tempat khusus di RS, sehingga pasien tidak malu untuk melapor.

Musrenbang tahun 2019 akan seperti apa atau apa yg menjadi persoalan, bagaimana kita membuat grand design di tahun 2019, sehingga bila sudah berjalan apakah kita bisa melakukan kuantum untuk mengatasi masalahnya.

Background Kepala Dinas yang tidak sesuai kesehatan juga perlu dicermati untuk kepala daerah. Dampaknya dikhawatirkan program menjadi tidak sesuai dan tidak tepat sasaran. Pasti ada Sumber Daya yang sesuai di Bidang yang sesuai.

Kami sedang melakukan upaya-upaya untuk menyelesaikan permasalahan. Kami di Provinsi baru menerima proposal BAZNAS untuk membangun Rumah Sakit BAZNAS. Ini yang akan kita didorong melalui BAZNAS untuk menyelesaikan masalah secara cepat, tanpa menunggu APBD dan APBN. Semoga hal ini bisa menginspirasi (mik, 6 Peb 2018).

English French German Italian Portuguese Russian Spanish

Visit

Visitors
3
Articles
275
Web Links
4
Articles View Hits
4214746