sesli sohbet duvar kağıdı seslichat
PEMERIKSAAN IVA DAN SADANIS
image image image image image image image image image image image image image image image image image image image image image image image
  • KOMDAT 2017
    KOMDAT 2017  
  • LKJIP 2015-2016
    LKJIP DINAS KESEHATAN TAHUN...
  • IMUNISASI MR
      IMUNISASI MR  

Top New :

  SEHAT KELUARGAKU, SEHAT INDONESIAKU, HARI KESEHATAN NASIONAL, 12 Nopember 2017

PEMERIKSAAN IVA DAN SADANIS

PEMIVA

Berdasarkan hasil Riskesdas 2013 bahwa kasus penyakit Kanker di Indonesia terbanyak ada di Provinsi Jawa Tengah, dengan prevalensi 2,1 per seribu penduduk. Jika penduduk Jawa Tengah tahun 2017 sejumlah 35 juta jiwa, berarti ada sekitar 70.000 penduduk yang menderita penyakit Kanker. Data juga menunjukkan bahwa jenis kanker terbsar yang diderita kaum Pria adalah Kanker Paru dan Kolorektal, sedangkan pada kaum wanita penyakit Kanker serviks( leher rahim) dan Kanker Payudara. Menurut Globocan,2012 setiap jam paling tidak ada sekitar 1-2 orang yg meninggal dunia akibat Kanker Serviks ini. 

Kanker serviks dan payudara sebenarnya dapat dicegah bahkan diobati secara total apabila diketahui sejak awal. Metode deteksi dini awal untuk Kanker Serviks dikenal dengan Pemeriksaan Inspeksi dengan Visual Asam Asetat (IVA)  yaitu dengan melakukan pengulasan Asam asetat (3-5%) terhadap leher rahim selama satu menit dan hasilnya bisa langsung disimpulkan positif atau negatif ( ada lesi prakanker).

Sementara deteksi payudara dengan menggunakan metode deteksi dini SADANIS ( Pemeriksaan Payudara Klinis) oleh. Petugas kesehatan dengan cara palpasi atau perabaan.

 

Mengingat penting dan mulianya manfaat kegiatan ini, Ibu Negara Hj.Iriana Joko Widodo mengarahkan agar bulan Oktober diperingati sebagai bulan DETEKSI DINI KANKER SERVIKS dan PAYUDARA melalui Surat Edaran Memteri Kesehatan no.HK.02.01/Menkes/401/2017. Hal ini untuk menyadarkan masyarakat khususnya kaum Wanita Usia Subur (WUS)untuk mendapatkan pemeriksaan deteksi dini penyakit ini. Tahun ini gerakan deteksi dini sasarannya difokuskan pada ASN dan Dharma Wanita Provinsi Jawa Tengah.

Puncak kegiatan deteksi dini tingkat Provinsi Jawa Tengah dilaksanakan di Gedung Dharma Wanita Prov Jawa Tengah pada tanggal 27 Oktober 2017 yang dibuka secara resmi oleh Sekda, pengarahan oleh Penasehat DWP Atiqoh Ganjar Pranowo. Kegiatan ini merupakan kerjasama Dharma Wanita Persatuan, TP PKK, Dinas Kesehatan Prov Jateng, BPJS, Dinkes Kota Semarang dan Dinkes Kab Demak. Adapun sasaran yang diperiksa sebanyak 506 orang.  Hasil kegiatan ini akan meningkatkan kesehatan kaum Ibu Jawa Tengah, terhindar dari penyakit Kanker Serviks dan Payudara. (sumber : Seksi PTM-27/10/17)

 

English French German Italian Portuguese Russian Spanish

Visit

Visitors
4
Articles
279
Web Links
4
Articles View Hits
1885216
driving theory test antalya rent a car