sesli sohbet duvar kağıdı seslichat
PISPK DI KABUPATEN GROBOGAN
image image image image image image image image image image image image image image image image
  • KOMDAT 2017
    KOMDAT 2017  
  • LKJIP 2015-2016
    LKJIP DINAS KESEHATAN TAHUN...
  • IMUNISASI MR
      IMUNISASI MR  

Top New :

    HARI KESEHATAN JIWA SEDUNIA, KESEHATAN JIWA YANG PRIMA MEWUJUDKAN  PRODUKTIVITAS KERJA DAN KESEJAHTERAAN KELUARGA  2017 (MENTAL HEALTH IN THE WORKPLACE) 10 Oktober 2017

PISPK DI KABUPATEN GROBOGAN

PISPKGROBOGANUNGGAH

SOSIALISASI PROGRAM INDONESIA SEHAT DENGAN PENDEKATAN KELUARGA DI KAB. GROBOGAN

SENIN, 2 OKTOBER 2017

 

Program Indonesia Sehat merupakan agenda ke-5 dari Nawa Cita Presiden RI, yaitu meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia. Pendekatan yang digunakan yaitu Paradigma Sehat dengan mengutamakan kegiatan promotif dan preventif, dengan sasaran difokuskan kepada keluarga. Program Indonesia Sehat ini selanjutnya dituangkan dalam bentuk rencana jangka menengah Kementerian Kesehatan yang merupakan penjabaran dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional 2015-2019.

Untuk mewujudkan Program Indonesia Sehat maka perlu adanya peningkatan pelayanan kesehatan secara berjenjang mulai dari tingkat pertama (Puskesmas, klinik, dan praktik perorangan, termasuk dokter layanan primer). Dalam penyelenggaraan Puskesmas ditetapkan adanya 6 (enam) prinsip yang harus ditaati, yakni: paradigma sehat, pertanggungjawaban wilayah, kemandirian masyarakat, pemerataan, teknologi tepat guna,serta keterpaduan dan kesinambungan.

 

Pendekatan yang digunakan dalam pelaksanaan pembangunan kesehatan periode 2015-2019 adalah Paradigma Sehat, dengan mengutamakan kegiatan-kegiatan promotif dan preventif yang melibatkan masyarakat secara langsung termasuk kegiatan-kegiatan proaktif untuk menjangkau sasaran/masyarakat ke luar gedung Puskesmas. Untuk itu, perlu ditingkatkannya pendekatan masyarakat melalui kunjungan rumah. Melalui pendekatan keluarga diharapkan Puskesmas dapat menangani masalah-masalah kesehatan dengan pendekatan siklus hidup (life cycle). Dengan demikian, upaya mewujudkan Keluarga Sehat menjadi titik awal terwujudnya masyarakat sehat.

Sebagai langkah awal dalam pelaksanaan Program Indonesia Sehat dengan pendekatan keluarga perlu dilakukan pemetaan keluarga sehat. Pemetaan Keluarga Sehat melalui pendataan keluarga. Pendataan keluarga dilaksanakan oleh Puskesmas terhadap seluruh keluarga dalam wilayah kerja Puskesmas. Data yang terkumpul kemudian dilakukan rekapitulasi di tingkat keluarga, sehingga menghasilkan Indeks Keluarga Sehat (IKS). Berikutnya akan didapat IKS tingkat desa/kelurahan, kecamatan, kabupaten, provinsi dan nasional. IKS menggambarkan keadaan kesehatan keluarga, yiatu tidak sehat, pra sehat dan sehat. Setelah data hasil pendataan dianalisis, selain menghasilkan IKS, juga mengungkapkan masalah-masalah kesehatan, baik yang dihadapi oleh tiap keluarga, masyarakat tiap desa/kelurahan, maupun masyarakat kecamatan. Dan selanjutnya dapat disusun rumusan intervensi oleh Puskesmas.

 

English French German Italian Portuguese Russian Spanish

Visit

Visitors
4
Articles
267
Web Links
4
Articles View Hits
1515976

Video Streaming

GERMAS 2017

LIKES JATENG

Video Lainnya

Member Login



driving theory test antalya rent a car