sesli sohbet duvar kağıdı seslichat
PROGRAM INDONESIA SEHAT
image image image image image image image
  • KOMDAT 2017
    KOMDAT 2017  
  • LKJIP 2015-2016
    LKJIP DINAS KESEHATAN TAHUN...
  • IMUNISASI MR
      IMUNISASI MR  

Top New :

   Selamat Hari Jadi Ke-67 Provinsi Jawa Tengah, JATENG Responsif, Kompetitif, Inovatif dan Kreatif. 15 Agustus 2017

PROGRAM INDONESIA SEHAT

PERTEMUAN KOORDINASI IMPLEMENTASI PROGRAM INDONESIA SEHAT

 DENGAN PENDEKATAN KELUARGA TAHUN 2017

SEMARANG, 8 – 10 AGUSTUS 2017

Pembangunan kesehatan nasional selama beberapa dasa-warsa terakhir telah menunjukkan keberhasilan, yang salah satunya ditandai dengan membaiknya angka usia harapan hidup,  menurunnya berbagai angka kesakitan dan kematian yang telah ditetapkan sebagai indikator pembangunan kesehatan masyarakat.

Keberhasilan tesebut seyogyanya tidak membuat kita lengah, karena dibalik membaiknya indikator derajat kesehatan tersebut,  masih dijumpai berbagai masalah kesehatan yang dialami oleh masyarakat dan bangsa Indonesia yaitu masih belum berhasil mencapai “Indonesia Sehat” sebagaimana yang dikehendaki dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional.

Hal yang belum tercapai antara lain, Angka Kematian Ibu masih tinggi, Angka Kematian Bayi juga masih tinggi, sementara itu masih banyak dijumpai anak balita yang pendek (stunting), dan berbagai masalah gizi. Di bidang pengendalian penyakit, kita dihadapkan pada beban ganda, yaitu penyakit menular seperti AIDS, Tuberkulosis dan Malaria masih tinggi prevalensinya, sementara penyakit tidak menular seperti Hipertensi, Diabetes, Kanker, dan Gangguan Jiwa terus bertambah. Walaupun sumber dana untuk sektor kesehatan terus bertambah dan peningkatan sumber daya manusia (SDM) kesehatan baik dalam hal jumlah, jenis, mutu, maupun pemerataannya terus dilakukan, ternyata peningkatan sumber daya tersebut belum dapat sepenuhnya mengimbangi peningkatan kebutuhan.

Menyadari permasalahan yang demikian itu, mau tidak mau kita harus membuat skala prioritas. Untuk mencapai Indonesia Sehat, dalam kurun waktu 2015 – 2019, sektor kesehatan diarahkan untuk memfokuskan upaya guna:        1). Menurunkan Angka Kematian Ibu dan Angka Kematian Bayi, 2). Menurunkan prevalensi balita pendek (stunting), 3).  Menanggulangi penyakit menular HIV-AIDS, Tuberkulosis, dan Malaria, 4).  Menanggulangi penyakit tidak menular Hipertensi, Diabetes, Obesitas, Kanker,  dan Gangguan Jiwa.

Agar sumber daya yang ada dapat dimanfaatkan secara efektif dan efisien, maka upaya-upaya tersebut diselenggarakan secara terintegrasi sejak dari perencanaan sampai ke pelaksanaan, pemantauan dan evaluasinya. Sasarannya pun difokuskan kepada keluarga, dengan dihidupkannya kembali “Pendekatan Keluarga”.

Kementerian Kesehatan dalam program Indonesia sehat melalui pendekatan keluarga berwenang untuk:             (a) menetapkan  norma, standar, prosedur, dan kriteria dalam rangka penyelenggaraan urusan pemerintahan;                    (b) melaksanakan  pembinaan dan pengawasan terhadap  penyelenggaraan urusan pemerintahan  yang menjadi kewenangan daerah,  selain juga pengembangan sumber  daya, koordinasi dan bimbingan, serta  pemantauan dan evaluasi.

Sedangkan Peran Dinas Kesehatan Provinsi dan Dinas Kabupaten/Kota adalah  mengupayakan dengan sungguh-sungguh agar Puskesmas mampu memenuhi semua standar yang ada dalam Permenkes 75 tahun 2014. Dalam rangka   pelaksanaan pendekatan keluarga  oleh Puskesmas, Dinas Kesehatan  Kabupaten/Kota memiliki tiga  peran utama, yakni: pengembangan sumber daya, koordinasi dan   bimbingan, serta pemantauan  dan pengendalian.

Puskesmas dalam mewujudkan tujuan, tugas dan fungsinya, salah satu upaya yang dilaksanakannya adalah melalui pendekatan keluarga. Hal ini penting dilakukan karena keluarga unit terkecil dari masyarakat yang terdiri atas kepala keluarga dan beberapa orang yang terkumpul dan tinggal disuatu tempat di bawah suatu atap dalam keadaan saling ketergantungan. Kondisi kesehatan anggota keluarga dapat mempengaruhi kondisi kesehatan anggota keluarga lainnya. Di dalam keluarga terlihat jelas siklus kehidupan dan intervensi kesehatan yang diberikan perlu memperhatikan hal tesebut.

Pelaksanaan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga di tingkat   Puskesmas dilakukan kegiatan-kegiatan  sebagai berikut. 1). Melakukan pendataan kesehatan   keluarga menggunakan Prokesga   oleh Pembina Keluarga (dapat dibantu oleh kader kesehatan), 2). Membuat dan mengelola pangkalan data Puskesmas oleh tenaga pengelola data Puskesmas, 3). Menganalisis, merumuskan intervensi   masalah kesehatan, dan menyusun  rencana Puskesmas oleh Pimpinan Puskesmas, 4). Melaksanakan penyuluhan kesehatan melalui kunjungan rumah oleh Pembina Keluarga,  5). Melaksanakan pelayanan profesional (dalam gedung dan luar gedung) oleh tenaga teknis/profesional Puskesmas, 6). Melaksanakan Sistem Informasi dan Pelaporan Puskesmas oleh tenaga pengelola data Puskesmas

Program Indonesia sehat saat ini di Jawa Tengah sudah masuk tahap pendataan kesehatan   keluarga menggunakan Prokesga, Data yang sudah dientry sebanyak 433.793 berasal dari 21 Kabupaten/Kota. Dalam proses pendataan dan entry data terdapat banyak permasalahan seperti terbatasnya tenaga untuk melakukan pendataan, keluarga yang sulit untuk ditemui, jaringan internet yang lambat pada saat entry data.

Melihat kondisi di atas pelaksanaan program Indonesia sehat dengan pendekatan keluarga tentunya tidak berhasil jika tidak didukung oleh semua pihak baik lintas program maupun lintas sektor dan yang terpenting. Untuk itu diperlukan Koordinasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota dan lintas program terkait dalam rangka implementasi Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga di Provinsi Jawa Tengah dan monitoring dan evaluasi implementasi Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga agar masalah dapat diperbaiki untuk kelancaran pelaksanaan di tahun berikutnya. Pertemuan diikuti pengelola program Keluarga Sehat di 35 Kabupaten/Kota.

English French German Italian Portuguese Russian Spanish

Visit

Visitors
4
Articles
255
Web Links
4
Articles View Hits
892850

Video Streaming

GERMAS 2017

LIKES JATENG

Video Lainnya

Member Login



driving theory test antalya rent a car