image image image image image image image image image
  • KOMDAT 2017
    KOMDAT 2017  
  • LKJIP 2015-2016
    LKJIP DINAS KESEHATAN TAHUN...
  • IMUNISASI MR
      IMUNISASI MR  

Top New :

"AKU BISA MELAKUKAN DTEKSI DINI KITA BISA MENCEGAH KANKER" Tema : Hidup Sehat Hindari Kanker

 

Paradigma Sehat Harus Memasyarakat

Semarang, dinkesprovjateng.go.id- Rapat Kerja Kesehatan Daerah (Rakerkesda) Provinsi Jawa Tengah tahun 2017 yang mengambiltema ”Gotong Royong Menuju Sehathari ini (Selasa 31/01/17) kegiatan pembukaan diawali laporan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah dr. Yulianto Prabowo, M.Kes yang melaporkan penyelenggaraan terkait 7 (tujuh) masalah kesehatan prioritas yaitu 1). Kematian ibu hamil, bersalin, nifas ; 2) kematian Bayi ; 3) Kematian Balita ; 4) Gizi buruk; 5) Demam Berdarah ; 6) Tuberculosis ; 7) HIV AIDS dan terkait perubahan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kesehatan yang baru berdasarkan PP 18/2016.

Kegiatan Rakerkesda dibuka oleh Wakil Gubernur Jawa Tengah H.Heru Sudjatmoko; dalam sambutannya wagub menekankan pentingnya membangun paradima sehat masyarakat dalam mendukung keberhasilan pembangunan kesehatan; dalam konteks ini cara berpikir masyarakat bukan hanya berpikir upaya pengobatan jika sakit tetapi lebih mengedepankan tentang bagaimana menjaga agar tetap sehat.

Pada bagian lain wagub memandang kesehatan merupakan bagian strategis dalam pembangunan sumber daya manusia disamping pendidikan dan ekonomi rakyat, karena itu wagub menyampaikan komitmennya untuk terus mendukung upaya kesehatan dengan terus memperkuat kelembagaan, sumber daya manusia, sarana prasarana, serta dukungan operasional pembangunan kesehatan.

Wagub menyampaikan gagasan untuk memperkuat upaya kesehatan dengan meningkatkan kelembagaan di tingkat kecamatan (Puskesmas) melalui optimalisasi pemanfaatan dana desa; Jika pada tingkat kecamatan ditingkatkan fungsinya maka kegiatan-kegiatan yang lebih operasional dapat dikembangkan di tingkat desa/kelurahan dan RW/ RT. Melalui upaya ini diharapkan terjadi pemberdayaan masyarakat di tingkat RW/RT yang akan berdampak peningkatan dukungan terhadap Posyandu.

Kegiatan Rakerkesda dilanjutkan paparan Dirjen Pelayanan Kesehatan Kementrian Kesehatan RI, selaku pembina kesehatan wilayah Jawa Tengah dr. Bambang Wibowo SpOG (K) MARS. Dalam paparannya Dirjen Yankes mengemukakan pada tahun 2015-2019 pelayanan kesehatan ditujukan untuk meningkatkan akses dan mutu pelayanan antara lain melalui peningkatkan sistem informasi, kesiapan akses rujukan, sarana prasarana, peningkatan status akreditasi nasional, dan inovasi teknologi informasi pelayanan kesehatan. Di sisi lain kementrian kesehatan akan terus mendorong peningkatan pelayanan kesehatan pada sisi preventif dan promotif melalui pendekatan keluarga. Pendekatan preventif ini menjadi penting mengingat tingginya beban biaya kesehatan terutama penyakit-penyakit katastropik (berbiaya tinggi).

Dalam hal pelayanan kesehatan lebih lanjut Dirjen Yankes memberikan apresiasi kepada Provinsi Jawa Tengah yang telah berkontribusi dalam meningkatkan mutu pelayanan khususnya dalam akreditasi.(mik/prom-31/1)

English French German Italian Portuguese Russian Spanish

Visit

Visitors
3
Articles
275
Web Links
4
Articles View Hits
4742746