sesli sohbet duvar kağıdı seslichat
Dinkes Jateng
image image image image image image image
  • KOMDAT 2017
    KOMDAT 2017  
  • LKJIP 2015-2016
    LKJIP DINAS KESEHATAN TAHUN...
  • IMUNISASI MR
      IMUNISASI MR  

Top New :

   Selamat Hari Jadi Ke-67 Provinsi Jawa Tengah, JATENG Responsif, Kompetitif, Inovatif dan Kreatif. 15 Agustus 2017

PROGRAM INDONESIA SEHAT

PERTEMUAN KOORDINASI IMPLEMENTASI PROGRAM INDONESIA SEHAT

 DENGAN PENDEKATAN KELUARGA TAHUN 2017

SEMARANG, 8 – 10 AGUSTUS 2017

Pembangunan kesehatan nasional selama beberapa dasa-warsa terakhir telah menunjukkan keberhasilan, yang salah satunya ditandai dengan membaiknya angka usia harapan hidup,  menurunnya berbagai angka kesakitan dan kematian yang telah ditetapkan sebagai indikator pembangunan kesehatan masyarakat.

Keberhasilan tesebut seyogyanya tidak membuat kita lengah, karena dibalik membaiknya indikator derajat kesehatan tersebut,  masih dijumpai berbagai masalah kesehatan yang dialami oleh masyarakat dan bangsa Indonesia yaitu masih belum berhasil mencapai “Indonesia Sehat” sebagaimana yang dikehendaki dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional.

DUTA GIZI KELOMPOK DUKUNGAN SEBAYA (KDS)

DUTA GIZI KELOMPOK DUKUNGAN SEBAYA (KDS) ARJUNA PLUS BALKESMAS SEMARANG MELAKSANAKAN KUNJUNGAN UNTUK SHEERING SESAMA TEMAN SEBAYA ODHA DI KDS BREBES DAN KDS SLAWI SEJATI
Balai Kesehatan Masyarakat Wilayah Semarang
Oleh : Didik Suwarsono

LATAR BELAKANG
Sasaran dari Program Indonesia Sehat adalah meningkatnya derajat kesehatan dan status gizi masyarakat melalui upaya kesehatan dan pemberdayaan masyarakat yang didukung dengan perlindungan finansial dan pemerataan pelayanan kesehatan. Pemberdayaan masyarakat dapat dilakukan dengan mengoptimalkan peran kelompok dukungan sebaya. Kelompok dukungan sebaya (KDS) atau peer support group merupakan kelompok yang bertujuan memberikan dukungan setiap anggota kelompok dalam kehidupan bermasyarakat. KDS dalam bidang HIV/AIDS bertujuan memberikan dukungan bagi orang yang terinfeksi HIV (ODHA) maupun keluarganya. Dukungan yang bersifat holistik dibutuhkan oleh orang yang terinfeksi HIV untuk mengatasi berbagai persoalan baik masalah kesehatan, sosial, dan psikologis, sehingga orang yang terinfeksi HIV/AIDS dapat hidup sehat dan produktif.

LOKAKARYA NASIONAL ADINKES JAWA TENGAH

IMUNISASI MEASLES RUBELLA (MR)

IMUNISASI MEASLES RUBELLA (MR)

Indonesia telah berkomitmen untuk mencapai eliminasi campak dan pengendalian rubella/Congenital Rubella Syndrome (CRS) pada tahun 2020. Berdasarkan hasil surveilans dan cakupan imunisasi, maka imunisasi campak rutin saja belum cukup untuk mencapai target eliminasi campak. Sedangkan untuk akselerasi pengendalian rubella/CRS maka perlu dilakukan kampanye imunisasi tambahan sebelum introduksi vaksin MR ke dalam imunisasi rutin. Untuk itu diperlukan kampanye pemberian imunisasi vaksin MR pada anak usia 9 bulan sampai dengan <15 tahun. Kegiatan kampanye imunisasi MR ini akan dilaksanakan dalam dua fase yaitu fase I pada bulan Agustus - September 2017 di seluruh Pulau Jawa dan fase II pada bulan Agustus -September 2018 di seluruh Pulau Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara, Maluku dan Papua.

REKRUITMEN TENAGA TECHNICAL OFFICER

Penutupan Enumerator

PENGUNGUMAN PENUTUPAN PENDAFTARAN ENUMERATOR

RISNAKES TH 2017

Dengan ini kami beritahukan, bahwa kuota enumerator Riset Tenaga Kesehatan (Risnakes) Rumah Sakit Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah Tahun 2017 sudah terpenuhi, untuk itu kami sampaikan bahwa Seksi Manajemen Informasi Kesehatan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah sudah tidak menerima pendafaran enumerator Riset Tenaga Kesehatan (Risnakes) Rumah Sakit Tahun 2017.

Demikian informasi ini kami sampaikan, atas perhatiannya diucapkan terima kasih.

                                                                                                                                                                                                                                                            Panitia Seleksi

HARI TEMBAKAU SEDUNIA

ROKOK ANCAM KITA DAN PEMBANGUNAN

(Hari tanpa tembakau sedunia 31 Mei)

Oleh : Rini Kusumasari,SKM Seksi P2 PTM Dinkes Jateng

Sampai saat ini rokok masih menjadi persoalan yang tidak bisa dilepaskan begitu saja dari Indonesia. Data dari Kementrian Kesehatan pada tahun 2017 menunjukkan bahwa prevalensi perokok di Indonesia pada usia >15 tahun meningkat sebesar 36,3% dibandingkan tahun 2005 yaitu 27%. Tidak heran jika Indonesia menjadi negara nomor 3 terbanyak jumlah perokoknya didunia setelah China dan India dengan konsumsi 220 milyar batang pertahun. China menduduki peringkat pertama negara dengan perokok terbesar di dunia sebanyak 30%, diikuti dengan India 11,2%, Indonesia berada di peringkat ketiga sebanyak 4,8%. Penduduk yang merokok 1- 10 batang per hari di Jawa Tengah sebanyak 62,7%.

Hari Tanpa Tembakau Sedunia diperingati di seluruh dunia setiap tanggal 31 Mei setiap tahunnya. Gerakan ini menyerukan para perokok agar berpuasa tidak merokok ( menghisap tembakau ) selama 24 jam serentak di seluruh dunia. Hal ini bertujuan untuk menarik perhatian dunia mengenai penyebarluasan kebiasaan merokok dan dampak buruknya terhadap kesehatan. Diperkirakan kebiasaan merokok setiap tahunnya menyebabkan kematian sebanyak 5,4 juta jiwa. Negara-negara anggota WHO mencetuskan Hari Tanpa Tembakau Sedunia ini pada tahun 1987. Dalam satu dasawarsa terakhir gerakan ini menuai reaksi baik berupa dukungan dari pemerintah, aktivis kesehatan dan organisasi kesehatan masyarakat. Di Indonesia pada tahun 2017 ini acara tersebut diperingati di Kawasan Wisata Kota Tua Jakarta, dengan tema besar yang diangkat tahun ini adalah “ Rokok Ancam Kita dan Pembangunan” 

Page 1 of 19

English French German Italian Portuguese Russian Spanish

Visit

Visitors
4
Articles
255
Web Links
4
Articles View Hits
892790

Video Streaming

GERMAS 2017

LIKES JATENG

Video Lainnya

Member Login



driving theory test antalya rent a car